May 19, 2021 By diyipcyz.com 0

Alat Bantu Dengar – Yang Tersedia: BTE hingga CIC

Sebagian besar orang akan mengalami kesulitan pendengaran, biasanya di kemudian hari, oleh karena itu penggunaan alat bantu dengar untuk mengatasi masalah ini sangat umum dilakukan.

Memutuskan alat bantu dengar mana yang merupakan solusi terbaik untuk setiap individu adalah masalah audiolog dan pasien, namun mengetahui apa yang tersedia dapat membantu pengguna alat bantu dengar berkontribusi pada keputusan yang tepat.

Jadi apa yang tersedia?

Ada banyak jenis alat bantu dengar beserta variasi di sekitar setiap model generik, namun empat jenis utamanya adalah:

1. BTE
2. ITE
3. ITC
4. CIC

1. BTE

BTE adalah singkatan dari Behind The Ear dan ini menggambarkan penempatan cangkang utama atau cangkang bantuan yang diikat di sekitar bagian belakang telinga. Shell ini berisi semua peralatan amplifikasi dan sumber daya untuk bantuan tersebut. Suara tersebut kemudian diteruskan ke telinga melalui tabung tipis dan sempit. Sepotong telinga kecil yang dihubungkan ke tabung ini kemudian ditempatkan di telinga.

Alat bantu dengar jenis ini cukup besar, tetapi sangat kuat dan mampu bekerja untuk orang dengan gangguan pendengaran parah.

2. ITE

ITE adalah singkatan dari In The Ear dan mengacu pada alat bantu yang dipasang di telinga, tetapi tidak dimasukkan ke dalam liang telinga. Alat bantu dengar jenis ini merupakan satu kesatuan dengan semua komponen ditempatkan dalam cangkang berwarna kulit.

Meskipun lebih kecil dari BTE, sebagian besar bantuan ITE terlihat, yaitu diposisikan di telinga daripada di belakangnya. Karena alasan ini beberapa orang tidak menyukai jenis bantuan ini. Alat bantu dengar ITE dapat membantu sebagian besar penderita gangguan pendengaran.

3. ITC

ITC adalah singkatan dari In the Canal dan menggambarkan alat bantu dengar yang dimasukkan ke dalam liang telinga.

Jenis bantuan ini memiliki keunggulan sonik dan kurang terlihat dibandingkan dengan BTE atau ITE (meskipun bagian ujung perangkat sedikit menonjol ke dalam cawan telinga). Meskipun sangat rahasia, alat pendengaran jenis ini memiliki beberapa batasan dan biasanya tidak akan efektif bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran parah. Peralatan dengar yang lebih kecil seperti ITC (dan CIC di bawah) lebih mahal daripada peralatan BTE dan ITE.

4. CIC

CIC adalah singkatan dari Completely in Canal dan menjelaskan posisi perangkat jenis ini yang dimasukkan sepenuhnya ke dalam liang telinga.

CIC adalah yang terkecil dari semua alat bantu dengar dan tidak terlihat jika berada di dalam liang telinga. Hanya kabel kecil yang menonjol keluar dari telinga dan ini digunakan untuk memungkinkan pemakainya melepaskan alat bantu yang dimasukkan.

CIC terbatas dalam hal keparahan gangguan pendengaran yang dapat mereka atasi, terutama karena ukurannya yang terbatas, namun CIC memberikan kualitas suara terbaik.

Karena posisinya di dalam liang telinga, alat bantu CIC tidak cocok untuk semua pemakai dan dapat menghasilkan umpan balik dalam situasi tertentu.

Memutuskan alat bantu dengar mana yang paling cocok harus ditentukan melalui konsultasi dengan audiolog. Ini akan didasarkan pada tes pendengaran dan kesehatan serta gaya hidup orang tersebut. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis alat bantu dengar yang disebutkan di atas di [http://www.healthandmobilitystore.com/hearing-aid.html] di mana informasi tentang alat bantu dengar lainnya seperti amplifier telepon dan perangkat loop induksi juga disertakan.